Perbedaan Jasa Penerjemah Reguler, Resmi, dan Tersumpah

452 views

SangPenerjemah.Com – Halo sahabat Sang Penerjemah. Beberapa kali kami mendapat pertanyaan dari beberapa client kami tentang perbedaan jasa penerjemah reguler, resmi, dan tersumpah. Mungkin beberapa sudah ada yang mengetahuinya, tetapi masih banyak juga yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu kami sebagai tim penerjemah dari SangPenerjemah.Com akan menjelaskan perbedaaannya masing-masing.

Perbedaan Penerjemahan Reguler, Resmi, dan Tersumpah

Penerjemah biasa (regular)

Penerjemah biasa dapat diartikan sebagai pihak yang menyediakan jasa terjemah, memiliki kemampuan dan latarbelakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya. Penerjemah biasa pada umumnya hanya melayani jasa terjemah berupa dokumen-dokumen non legal seperti buku bacaan, artikel lepas dan lain-lain yang sejenis dengan itu.

Penerjemah resmi

Sebenarnya penyedia jasa penerjemah resmi ini, dari sisi kemampuan dan kualitas menerjemahkan bahasa, memiliki kemampuan dan spesifikasi yang relatif sama dengan penyedia jasa penerjemah biasa. Hanya perbedaannya adalah bahwa penerjemah resmi ini telah lulus tes penerjemah yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIPB) Universitas Indonesia (UI) yang telah dinyatakan lulus dengan nilai 80 atau lulus dengan nilai “A”.

Perbedaan lain dari jasa penerjemah resmi adalah bahwa penerjemah resmi telah mendapatkan ijin menerjemahkan yang dibuktikan melalui BAP (Berita Acara Penerjemahan) dalam SK Gubernur.

Di Indonesia, saat ini penerjemah resmi yang telah mendapat SK dari Gubernur DKI Jakarta antara lain penerjemah resmi bahasa inggris, penerjemah resmi bahasa arab, penerjemah resmi bahasa mandarin (chinese), penerjemah resmi bahasa jepang, penerjemah resmi bahasa jerman, penerjemah resmi bahasa belanda, penerjemah resmi bahasa perancis, penerjemah resmi bahasa italia, penerjemah resmi bahasa spanyol, dan penerjemah resmi bahasa portugis.

Bagi pengguna jasa penerjemah resmi, sebelum melakukan transaksi sebaiknya menanyakan terlebih dahulu bukti SK dari Gubernur DKI Jakarta sebagai tanda keabsahan hasil terjemahannya.

Berbeda dengan jasa penerjemah biasa, jasa penerjemah resmi melayani jasa berupa penerjemah dokumen-dokumen resmi seperti perundang-undangan, akta notaris, kontrak perusahaan dan lain sebagainya.

Dengan demikian, penerjemah resmi adalah penerjemah biasa yang telah lulus tes penerjemah dan mendapatkan SK penerjemah dari Gubernur DKI Jakarta.

Penerjemah tersumpah

Penerjemah tersumpah merupakan tingkatan paling atas atau paling valid secara hukum dibandingkan kedua jenis penerjemah lainya. Perbedaan utama dari penerjemah tersumpah ini adalah adanya prosesi sumpah yang dilaksanakan oleh penerjemah.

Apabila dibandingkan dengan penerjemah resmi, maka penerjemah tersumpah adalah penerjemah resmi yang telah melakukan sumpah atau penerjemah yang telah lulus tes, mendapatkan SK dari Gubernur DKI Jakarta dan telah melakukan acara Sumpah Penerjemah.

Adapun isi dari sumpah penerjemah itu adalah sebagai berikut;

Demi Allah, saya bersumpah;
-Bahwa saya, untuk diangkat sebagai penerjemah, dari bahasa ( …………. ke …………. ), baik langsung maupun tidak langsung, dengan nama atau dalil apapun, tidak memberikan sesuatu, atau menjanjikan memberikan sesuatu kepada siapapun juga;
-Bahwa tugas-tugas jabatan saya itu, akan saya penuhi dengan kebenaran sesungguhnya, dan akan saya lakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan secapat mungkin;
-Bahwa saya, akan mentaati menurut kebenaran yang sesungguhnya, menerjemahkan surat-surat yang diberikan kepada saya, tanpa menambah maupun mengurangi maksudnya;
-Bahwa saya, dalam memperhitungkan penghasilan, akan tunduk kepada ketentuan yang dibuat, atau akan dibuat oleh pemerintah;
-Bahwa saya, tidak akan mengumumkan segala sesuatu, yang harus dirahasiakan dalam tugas jabatan saya;
– Bahwa saya, untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, dengan dalil apapun, yang bertentangan dengan sumpah ini, tidak akan menerima baik langsung maupun tidak langsung, dari seseorang sesuatu janji atau hadiah.

Sebagaimana halnya jasa penerjemah resmi, penerjemah tersumpah ini berhak secara legal untuk menerjemahkan dokumen-dokumen yang bersifat legal serta memiliki kekuatan hukum sebagai dokumen aslinya.

Demikianlah perbedaan dari ketiga jenis jasa penerjemahan yaitu reguler, resmi, dan tersumpah. Untungnya SangPenerjemah.Com melayani ketiga jenis jasa tersebut dengan kualitas terbaik dan tentunya professional. Jika masih ada yang tidak jelas sahabat bisa bertanya melalui support center atau langsung WA/SMS/LINE/Telegram kami. Jika ingin order jasa kami silahkan klik tombol “Order” dibawah ini. Terima kasih

order_sang_penerjemah_jasa_translate


Summary
Perbedaan jasa translate atau jasa penerjemah reguler, resmi, dan tersumpah
Article Name
Perbedaan jasa translate atau jasa penerjemah reguler, resmi, dan tersumpah
Description
Perbedaan jasa translate atau jasa penerjemah reguler, resmi, dan tersumpah.
Author
Publisher Name
SANG PENERJEMAH
Publisher Logo

Tags: #Jasa Penerjemah #jasa penerjemah abstrak #jasa penerjemah tersumpah #Jasa Translate #jasa translate jurnal #Perbedaan Penerjemah #Reguler #Resmi #Tersumpah

Leave a reply "Perbedaan Jasa Penerjemah Reguler, Resmi, dan Tersumpah"